Monday, July 30, 2012

PCPM Bank Indonesia



Setelah ada permintaan dari beberapa junior di kampus, tulisan ini dibuat atas permintaan mereka yang sedang mengikuti seleksi PCPM XXVI. Daripada saya harus menjawab sms satu per satu, check it out saja..

 
Kartu peserta tes: semua tahap sudah dilalui!!

Entah dari mana datangnya godaan yang membuat saya ingin mencoba satu hal ini: Seleksi PCPM XXV Bank Indonesia Tahun 2012. Yup! Meski saya sudah berstatus PNS, bukan berarti tidak boleh mencobanya kan? Memang banyak bukti orang-orang yang keluar dari tempat kerjanya yang boleh dibilang sudah mapan, demi mendapat tempat yang diidamkan oleh banyak orang itu.

Awalnya saya mengikuti seleksi ini karena iseng. Hehe. Adik saya memilih Jakarta untuk mengikuti seleksi ini dengan pertimbangan ada saya yang bisa membantu selama ikut seleksi di Jakarta. Terpikir oleh saya, kenapa saya tidak sekalian ikut mencobanya? Toh juga nanti saya akan mengantar dan menjemput adik saya untuk mengikuti seleksi. Hasrat lain lebih karena penasaran. Tahun 2009 saya pernah mencoba ikut seleksi ini, tetapi hanya pada tahap pertama saja. Di samping itu, PNS tidak boleh mengikuti seleksi CPNS. Jadi, ini adalah salah satu jalur pelarian saya. Hehe.

Formasi yang dibutuhkan waktu itu belum diumumkan. Hanya saja saya menemukan angin segar ketika saya melihat ada formasi untuk S1 jurusan Matematika. Tahapan tes terdiri dari 8 tahap termasuk tes online. Memang banyak. Tapi karena saya menjalaninya tanpa beban, satu persatu saya lalui tanpa terasa. Berikut ini tahapan seleksi yang saya ikuti setelah pendaftaran secara online:

Tahap
Jenis Tes
Jadwal Saya
Tempat
1
Tes kemampuan umum, pengetahuan umum, dan pengetahuan khusus
Awal Februari
Gedung Bina Manajemen PPM Menteng, Jakarta Pusat
2
Tes bahasa Inggris (pendahuluan) dan tes psikologi tertulis
Minggu, 26 Februari 2012
3
Diskusi kelompok dan wawancara individual
Selasa, 20 Maret 2012
4
Tes TOEFL
Sabtu, 7 April 2012
5
Tes Pskiatri
Sabtu, 21 April 2012
SD Yasporbi, Jakarta Selatan
6
Tes Kesehatan
Selasa, 8 Mei 2012
Bidakara Medical Center, Jakarta Selatan
7
Jumat, 20 Juli 2012
Gedung Tipikal Lt.12, Jl. M.H. Thamrin No.2 Jakarta

Dari tahap satu ke tahap berikutnya, biasanya peserta akan diberitahu lewat sms untuk mengecek pengumuman yang sudah tersedia di website. Ada peserta yang tidak mendapatkan sms. Jadi sebaiknya rajin-rajinlah mengecek website.

Selama mengikuti tes, saya mengikuti forum di Kaskus untuk mencari informasi utama seputar tes ini. Ini sangat berguna karena kita sulit menemukan teman di kota lain yang sudah mengikuti tes. Lin forum kaskus untuk PCM XXV ada di sini.

Jika kita sudah memiliki sertifikat ITP TOEFL dengan skor di atas 500, maka kita bisa melewati tahap 4. Langsung meluncur ke tahap 5. Jadi, jika masih ada waktu, cepat-cepat ikut ITP TOEFL. Itung-itung buat latihan.

Mengikuti tujuh kali tes itu tentu sangat melelahkan karena menyita waktu dan energi saya. Tapi memang itulah tahap yang harus dilalui untuk sampai ke pertempuran terakhir lewat wawancara. Yang tidak kalah penting, persiapkan diri sebelum mengikuti tes. Setelah siap, jangan merasa minder karena itu akan merusak mood kita waktu tes. Setelah selesai menjalani tes, pasrahkan semua pada Allah. Dia yang akan memilihkan yang terbaik untuk kita.

No comments:

Post a Comment