Tuesday, April 8, 2014

Another important: Undangan


Sudah sejak lama saya tahu dari teman-teman di sini kalo urusan cetak undangan di Jakarta bisa datang ke pasar Tebet. Yup, di pasar Tebet banyak banget jasa percetakan undangan, mulai dari yang murah dan yang mahal. Bahkan menurut teman saya yang tinggal di kawasan Tebet, beberapa artis juga pesan undangan di sana lho..

Jasa percetakan undangan di pasar Tebet ada di lantai basement. Sewaktu survei pertama ke sana, saya dan mas cami sempat salah. Sebenarnya kami sudah benar menuju basement, tapi waktu itu pemandangan yang saya lihat adalah parkiran mobil dan motor. Nah, ternyata, lokasi kios percetakan undangan memang ada di basement, hanya kita perlu menjelajah sedikit lagi supaya lokasinya terlihat.

Dari hasil survei ke sana, menurut saya, desainnya rata-rata sama, harga pun relatif sama. Yang membedakan hanya pelayanan yang satu dengan lainnya. Setelah lihat-lihat beberapa toko, saya dan mas cami tertarik pada model undangan one side. Undangan ini hanya terdiri dari satu lembar hardcover, area cetaknya depan belakang, dilengkapi dengan amplop kertas. Simpel dan tidak berlebihan menggunakan kertas (ceritanya go green hihi). Ini beberapa contohnya:










Model ini tersedia di beberapa toko. Sepertinya mereka berbagi model dan desain. Bahkan menurut mas cami, sepertinya mereka berkolaborasi dalam proses produksi karena kami melihat mesin produksi di basement yang jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah percetakan. Dan, pilihan jatuh pada Abadi Card. Mas cami memilihnya secara spontan saja. Karena harganya rata-rata sama.

(foto kartu nama)

Untuk undangan seperti ini dipatok harga Rp 6000 jika memesan lebih dari 500 buah. Harganya akan lebih mahal jika pesanan kurang dari 500 buah. Oh ya, harga itu belum termasuk biaya full colour sebesar Rp 500.000 per pencetakan. Kebetulan, desain undangan yang kami pilih memiliki banyak warna.

Tadinya kami mau pesan yang softcover karena mempertimbangkan kemudahan mengirim ke rumah. Jika softcover, harganya jadi Rp 5000, lumayan hemat. Trus, dikasih masukan dari mbak-mbak di Abadi Card, nanti takut hasilnya ga bagus kalo softcover karena kertasnya ga terlalu tebal. Selain itu, kami juga mempetimbangkan tamu tertentu yang akan diundang: mantan atasan mas cami sekarang jadi sekjen (setingkat eselon 1), trus ada juga rekan kerja saya yang sekarang jadi deputi. Bukan berarti menunjukkan strata dari undangan sih..hanya mencoba menghargai diri sendiri. Dan mas cami juga setuju untuk mengubah softcover menjadi hardcover.

Proses desain undangan dimulai dengan pembayaran tanda jadi sebesar Rp 500.000. Setelah bayar tanda jadi, kami dibuatkan desain undangan, langsung diskusi dengan drafter mereka di depan komputer. Saran saya, siapkan data yang akan dituliskan dalam bentuk softcopy karena akan memudahkan drafter (hanya tinggal copy paste). Selain itu, siapkan denah lokasi. Ini penting jika acara tidak diadakan di Jakarta, tentu mereka tidak punya petanya hehehe.

Setelah jadi draft pertama, kami diberi file dalam bentuk jpg. Kami diminta untuk mengoreksi kembali di rumah seteliti mungkin. Jangan lupa untuk membicarakan dengan orang tua dan calon mertua untuk menghindari kesalahan penulisan. Selama belum naik cetak, proses revisi masih dilayani sampai sebanyak apa pun yang kita mau.

Kami hanya perlu revisi satu kali saja untuk naik cetak. Nah proses pencetakan sendiri butuh waktu selama dua minggu. Syarat untuk naik cetak, pembayaran dibayar 50% dari harga order, dan draft final harus kami tanda tangani. Perubahan setelah naik cetak tidak akan dilayani oleh mereka. Dan   satu lagi, sebaiknya jumlah cetakan undangan di atas jumlah yang kita tetapkan (untuk cadangan) karena kalo sampai kurang, pesanan jumlah kecil akan sangat sangat mahal..itu pun kalo mereka mau melayani order dalam jumlah kecil. Alhamdulillah kemarin sudah naik cetak tinggal menunggu 2 minggu lagi.

Oh ya, untuk penulisan nama undangan di label, dikenai harga 600 rupiah per nama. Jika mau menghemat budget, bisa juga mengetik sendiri dalam format word. Template filenya bisa diunduh di website. Yang saya tahu di sini bisa download: www.tj-label.com

No comments:

Post a Comment