Thursday, February 6, 2014

Berapa Rupiah untuk Umroh



Setelah saya share postingan tentang kejutan kecil sebelum berangkatumroh, ada beberapa teman yang bertanya kisaran biaya umroh. Sebenarnya kisaran biaya umroh sangat beragam, tapi baiklah saya ingin ikut menyumbang referensi untuk yang satu ini.

Kalo boleh saya cerita agak melebar, awal mula saya tahu ibadah yang satu ini ya sejak kerja di Jakarta. Tahun 2010 teman kantor yang satu tim dengan saya berangkat umroh bersama keluarganya. Saat itu, biayanya berkisar antara 15 juta rupiah.

Nah sekarang tahun 2014 kena berapa?

Sewaktu saya cari biro perjalanan, salah satu pertimbangan adalah teknis pemberangkatan. Orang tua, om, dan tante posisi berada di Jawa Tengah sedangkan saya posisi berada di Jakarta. Saya mencari biro perjalanan yang bisa mengkondisikan kami sekeluarga (berenam) agar bisa mendaftar sendiri-sendiri tetapi nantinya bisa ditempatkan di satu kamar.

Alhamdulillah, pilihan kami jatuh ke Neekoi Wisata. Agen biro perjalanan ini masih ada hubungan keluarga dengan orang tua. Saya bisa mendaftar di Jakarta, sedangkan orang tua bisa mendaftar di Jogjakarta. Nanti kami akan ditempatkan di satu kamar (saya, ibu, dan 2 tante dalam satu kamar, sedangkan bapak saya dan om dalam satu kamar).

Awalnya kami berencana berangkat awal Februari. Biaya yang dikeluarkan untuk pemberangkatan awal Februari sebesar 2100 USD ditambah biaya handling bagasi sebesar 1 juta rupiah (dihitung dari Jakarta). Moda keberangkatan untuk orang tua saya adalah pesawat (Jogja-Jakarta). Ini perlu dipikirkan juga karena ada biro perjalanan yang menggunakan travel untuk perjalanan ke Jakarta. Pastinya ini bikin capek perjalanan (sangat!).






Biaya untuk pemberangkatan dari Jogjakarta ditambah 150 USD, sedangkan untuk pemberangkatan dari Medan ditambah 250 USD. Besarnya kurs USD terhadap rupiah dihitung berdasarkan hari pembayaran. Tetapi, pihak agen kemudian memberi kabar bahwa sedang ada promo sehingga biaya yang dikeluarkan cukup 2000 USD saja tanpa tambahan 1 juta rupiah. Alhamdulillah dapat diskon yeeyy!

Lalu duit segitu dapat apa saja?

Pertama, pesawat. Pesawat dari Jogja menuju Jakarta pakai Garuda kelas ekonomi. Trus dari Jakarta pakai Singapore Airlines. Rutenya: Jakarta – Singapura, transit, Singapura – Jedah – Riyadh. Rute sebaliknya berlaku untuk perjalanan pulang. Jenis pesawat juga perlu diperhatikan karena perjalanan yang panjang, penerbangan 9 jam. Saya sempat tanya-tanya ke satu biro, mereka menggunakan pesawat Business Air. Biar lebih mantap, coba cek dahulu peringkat maskapai diSkytrax. Sekedar gambaran, Garuda Indonesia termasuk kategori bintang empat. Sedangkan Singapore Airlines termasuk kategori bintang lima hehehe.

Kedua, dari Riyadh ke Jeddah menggunakan bus AC, perjalanan ini ditempuh selama 6 jam.

Ketiga, hotel. Jatah hotel untuk paket kami sekamar berempat. Selalu tanyakan jarak hotel dengan masjid Nabawi (di Madinah) dan masjidil Haram (di Mekkah). Semakin dekat jarak hotel biasanya semakin mahal. Jika dapat harga murah, tanyakan dulu jarak hotel dengan masjid. Ini penting karena tujuan kita di sana adalah untuk beribadah. Jika hotel jauh dari masjid, tentunya membuat kita repot untuk bolak-balik ke masjid.

Keempat, makan 3 kali sehari menu masakan Indonesia prasmanan di hotel. Selama di pesawat, dapat makan dari maskapainya. Trus selama perjalanan di bus, dapat makan nasi kotak. Untuk perjalanan dalam kota (city tour) dapat kue dan air mineral.

Kelima, paket perlengkapan: koper kecil, buku doa, mukena, jilbab (untuk pria: kain ihrom).

Keenam, handling bagasi, artinya kita tidak perlu angkat-angkat koper selama di perjalanan dan di sana. Koper akan dibawakan sampai ke depan kamar hotel.

Dan yang ketujuh, satu buah alquran Madinah sebagai kenang-kenangan. Alquran Madinah punya keistimewaan lebih tipis dan ringan dibandingkan dengan alquran cetakan Indonesia lho.



Saran saya sih..selagi mempersiapkan biaya untuk umroh bisa dimulai dengan menabung dalam bentuk USD ataupun logam mulia. Soalnya untuk mengantisipasi kenaikan kurs rupiah terhadap USD. Dengan begitu, kenaikan kurs tidak akan memperlama target pengumpulan dana untuk umroh.

Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. mupeng mba..kira2 sebulannya nabung berapa y???hehe..
    gmn caranya pilih biro umrohnya???

    ReplyDelete
  2. Hai salam kenal..
    Nabung berapa sebulan tergantung mampunya berapa hehe
    Sebaiknya nabungnya dalam USD aja, terutama kalo USD lagi murah, langsung beli USD aja...kalo lagi mahal, disimpen rupiah dulu. Kumpulin sendiri aja gak perlu tabungan, asal istiqomah insya Alloh bisa :)

    ReplyDelete