Kereta api selalu menjadi pilihan saya dan beberapa teman untuk pulang
kampung. Tetapi tidak semua orang suka naik kereta. Pertimbangannya karena
lokasi rumah yang cukup jauh dari stasiun. Belakangan ini kereta jenis ekonomi
AC menjadi alternatif bagi saya untuk pulang mudik. Ada sebagian yang tidak
suka. Alasannya karena privasi yang kurang. Maklum saja, meskipun dilengkapi
dengan AC, karena namanya kelas ekonomi tetap saja penumpang duduk berhadapan.
Bukan berarti saya setuju dengan diskriminasi, tetapi memang terasa sekali
ada perbedaan dalam kelas-kelas kereta tersebut. Salah satu perbedaan ini bisa
dilihat pada saat kereta akan berangkat dari stasiun. Penumpang kelas eksekutif
dan bisnis umumnya lebih tenang saat memasuki kereta. Keadaan ini berbeda
dengan penumpang kelas ekonomi yang terlihat panik dan terburu-buru memasuki
gerbong kereta. Padahal sekarang ini semua penumpang dengan tiket yang sah
dijamin mendapatkan tempat duduk. Saya benar-benar merasakannya ketika menaiki
kereta kelas ekonomi. Maklum saja, saya sudah pernah mencicipi tiga kelas
kereta tersebut.
Pun ketika kita sudah duduk di dalam kereta. Menurut saya, penumpang kelas
eksekutif bisa dibilang paling individualis. Duduk, memasang bantal, memakai
selimut, memasang headphone lalu tidur, atau asik dengan gadgetnya
sendiri-sendiri, tanpa mengobrol banyak. Penumpang kelas bisnis dan ekonomi
tentu saja mau diajak mengobrol lebih banyak dari pada penumpang kelas
eksekutif. Dan tentu saja untuk kelas ekonomi, karena tempat duduknya berhadap-hadapan,
obrolan dengan sesama penumpang seringkali terasa hangat dan akrab.
Pulang kampung selalu menjadi agenda rutin tiap kali ada angka tercetak
dengan tinta merah mendekati weekend. Tak terkecuali semalam. Saya pulang
kampung karena hari ini, Kamis 15 November, bertepatan dengan Tahun Baru
Hijriyah 1434 H. Saya dan seorang teman memilih kereta kelas ekonomi AC.
Penumpang di depan kami adalah dua orang laki-laki paruh baya. Keduanya berusia
40 dan 50 tahunan. Berawal dari obrolan ringan hanya seputar tempat tujuan,
tempat bekerja..maka mengalirlah obrolan panjang.
Mereka (kedua laki-laku itu) sudah sering pulang menggunakan kereta api.
Yang satu, sudah hampir dua tahun pulang ke Jogja tiap minggu karena
keluarganya di sana. Sedangkan yang satu, sudah 8 tahun pulang ke Jogja sebulan
sekali. “Sejak tiket kereta masih 2.500 sampai sekaran jadi 150.000 mbak..”
Satu hal yang paling berkesan dari obrolan tadi malam adalah tentang calo
tiket kereta yang tetap masih ada meskipun sistem penjualan online telah
diberlakukan. Menurut salah seorang bapak itu, ada beberapa cara calo tiket
kereta beroperasi.
Pertama, calo tiket memiliki koneksi kuat dengan “orang dalam” alias
karyawan PT KAI. Calo sudah mempunyai jatah tiketnya sendiri. Calon penumpang
cukup memberikan nomor identitas yang diperlukan untuk pemesanan. Tiket sesuai
nama penumpang siap digunakan.
Kedua, calo tiket memiliki koneksi dengan petugas loket. Calo sudah membeli
tiket seperti biasa. Jika ada calon pembeli yang berminat, maka dilakukan
perubahan nama penumpang. Hal ini sulit dilakukan oleh orang awam karena
petugas selalu berkata bahwa jika tiket sudah dibatalkan, maka tidak ada
jaminan bisa didapatkan kembali karena ada banyak orang yang bisa mengakses
tiket dengan sistem online. “Tapi kenyataannya masih bisa mbak..” kata bapak
itu.
Ketiga, bagi calo yang tidak memiliki koneksi, masih bisa beroperasi,
asalkan memiliki modal yang cukup besar. Sistem online memang memudahkan siapa
saja untuk memesan tanpa batasan lokasi. Namun, sistem ini juga memberikan
keuntungan bagi calo. Calo memesan tiket dalam jumlah banyak sesuai prosedur
(tentu saja menggunakan identitas yang benar, jumahnya tergantung besarnya
modal si calo). Seketika saya teringat, pernah memesan dua tiket kereta dengan jadwal
yang sama menggunakan dua nama yang sama dan sistem bisa menerima. Ternyata
memang sistem ini masih ada kelemahan. (Atau memang sengaja dibuat?) Biasanya,
calo menyediakan dua jenis tiket, yaitu tiket dengan nama laki-laki dan tiket
dengan nama perempuan. Jika calon penumpang laki-laki, maka tiket yang dijual
adalah tiket laki-laki. Begitu pula sebaliknya. Saat mendekati jadwal keberangkatan, calo akan melakukan check-in agar tiketnya mendapat stempel “TELAH
DIPERIKSA” dari petugas. Bahkan, ada juga yang membuat stempel sendiri -_-" Setelah itu, tiket bisa diberikan pada calon penumpang
dan penumpang dapat masuk dengan leluasa.
Sistem pemesanan tiket online memang mempermudah penumpang mengakses
pemesanan tanpa harus menelepon operator dan tanpa mengantri di stasiun. Namun
tanpa sistem yang well-developed, tentu saja akan membuka peluang kecurangan.
Tidak dipungkiri, calo tiket kereta api memang masih ada. Namun, hanya yang
bermodal besar dan memiliki koneksi kuatlah yang masih mampu bertahan. Harga
tiketnya sendiri? Jangan tanya, bisa sampai 4 kali lipat.
No comments:
Post a Comment